Daily Calendar

WELCOME

SELAMAT DATANG - HORAS

Pembaca dapat mengambil isi blog secara bebas dengan syarat menyertakan URL blog : http://parlinpakpahan.blogspot.com.

free counters
Apakah Dengan Menghujat Keimanan Orang Lain Yg Tidak Seiman Dengan Kita Akan Menyelesaikan Persoalan Kita

Christianity Symbol


Pengantar

Berkelana di Kompasiana memang mengasyikkan, tapi tak urung banyak juga pemandangan yg menjengkelkan. Betapa tidak. Ruang lebar yg diberikan oleh Administratur Kompasiana pada kenyataannya banyak yg dimanfaatkan oleh Kompasianer untuk melampiaskan Kebencian, Kedongkolan, Kemarahan dan bahkan Sumpahserapah yg tak perlu dalam topik-topik tertentu seperti Agama dan Politik. Nah dalam suatu pertandangan ke halaman Limantina Sihaloho, seorang Kompasianer yg aktif dan banyak menulis tentang Theologi Kristen di seputar orang Batak Kristen di Tapanuli dan Lingkar Toba. Saya kaget melihat betapa postingan terbaru Limantina ternyata jadi materi perdebatan yg sangat panas. Thema tulisan Limantina sebenarnya sederhana saja yi seberapa jauh orang Batak Kristen itu menjalankan Kekristenannya dalam kehidupan sehari-hari. Juga Limantina menyorot stereotipe orang Batak Kristen itu terhadap penganut agama Malim yi agama leluluhurnya sendiri pra-Kristen-Islam. Ee diluar dugaan postingan dengan thema sederhana itu ternyata menjadi halaman perdebatan panas yg penuh dengan hujatan yg sesungguhnya tak perlu.
Pengunjung yg datang ke halaman itupun sebenarnya tak banyak, paling banter 15 orang. Tapi 2 di antaranya sangat dominan, 5 lainnya lumayan dominan dan cukup trampil menendang bola yg digulirkan ke lapangan oleh kedua pembicara yg mendominasi perdebatan panas di halaman itu.
Setelah menyampaikan pandangan saya sendiri dalam perdebatan panas yg penuh hujatan itu, saya pikir ya sudahlah semua materi panas ini saya himpun saja untuk nanti diposting di Blog, FB dan Tweeter saya. Siapa tahu materi ini nanti dapat menjadi bahan pemikiran kita bersama yi apakah dengan menghujat habis keimanan orang lain yg tidak seiman dengan kita akan menyelesaikan persoalan kerukunan antar umat beragama yg dihadapi negeri yg sudah lama terpuruk di berbagai bidang ini?
Mari kita telusuri perdebatan panas seperti apa itu dan apakah ini sesungguhnya cermin orang Indonesia dalam menjalankan kehidupan beragamanya.

------------------------------------------

Semurni Apa Kekristenan Batak-Kristen?

OPINI
Limantina_sihaloho
20 September 2010

Bulan lalu, saya merasa geli sekaligus terkejut karena seorang suster Katolik mengatakan kepada saya di depan beberapa orang lain bahwa Kristen itu Protestan. Dalam benak saya selama ini, Kristen itu ya baik Protestan (dengan semua denominasi yang ada di dalamnya) maupun Katolik.

Suster itu ngotot mengatakan bahwa dia Katolik, bukan Kristen. Belakangan, saya baru mengetahui bahwa pola pikir macam itu tidak hanya terjadi di Indonesia. Waktu itu saya sempat berpikir, “Eh, suster ini dari mana? Gini hari masih berpikir begitu? Kan sudah lama Konsili Vatikan II berlalu?”

Konsili Vatikan II 1962 merupakan konsili yang sangat penting, sebuah tonggak bersejarah baru; dalam konsili ini ada pembaharuan besar. Yang paling terkenal adalah pembaharuan cara pandang gereja terhadap umat beragama lain (non-Kristen). Sebelum konsili ini, yang ada adalah: di luar gereja tidak ada keselamatan. Dalam Konsili Vatikan II, hal itu diperbaharui: di luar gereja ada keselamatan.

Kalau Anda memperhatikan desain arsitektur gereja-gereja Katolik yang ada di Indonesia, Anda akan melihat hal menarik: adaptasi terhadap kultur lokal. Gereja-gereja Katolik yang ada di Sumatera Utara, yang saya lihat langsung dan membuat saya kagum ada di Brastagi Tanah Karo, Pangururan Samosir, Sibolga Tapanuli Tengah. Ini hanya sedikit contoh untuk menggambarkan bagaimana mereka menerjemahkan pembaharuan itu dalam praktek.

Gereja-gereja Protestan kalah jauh dalam hal pembaharuan ini; denominasinya yang terlalu banyak justru menjadi salah satu kelemahan utama untuk melakukan pembaharuan. Di masing-masing denominasi dalam jumlah yang kecil-kecil itu, para elitnya sibuk merebut kekuasaan menjadi ephorus atau sekretaris jenderal dengan umat yang relatif sedikit. Permainan yang mereka mainkan sudah tidak ada bedanya dengan apa yang biasa kita tonton di kalangan para politisi merebut jabatan eksekutif dan legislatif.

HKBP adalah gereja Kristen-Protestan yang paling besar di Indonesia dan Asia tenggara dalam hal jumlah umat dan juga pengaruh baik di tingkat nasional dan internasional. Gereja-gereja Protestan lainnya mempunyai jumlah umat yang jauh lebih kecil dibanding dengan HKBP.

Harry Parkin menerbitkan sebuah buku berjudul: Batak Fruit of Hindu Thought pada tahun 1978. Dalam buku ini kita bisa melihat dengan jelas orang Batak mempunyai latar belakang Hinduisme yang kuat. Hampir seluruh kata-kata religius yang ada dalam kosa kata bahasa Batak (dalam hal ini Bahasa Batak Toba) berasal dari Hinduisme. Alkitab (the Holy Bible) itu pun diterjemahkan ke dalam bahasa Batak mempergunakan kata-kata yang tak terpisahkan dengan latar belakang Hinduisme itu.

Jadi bagaimana dong? Masih bisakah saya mengatakan Kekristenan saya itu murni ketika bahasa yang saya pakai berasal dari tradisi Hinduisme yang kental? Salah satu contoh yang mudah bagi semua adalah: Debata. Orang Batak Toba (Kristen) menyebut Tuhan sebagai: Debata. Ini berasal dari Hinduisme. Parmalim menyebutNya sebagai: Mula Jadi Na Bolon. Terjemahan paling dekatnya adalah Alpha: Asal Mula Segala Yang Ada.

Kekristenan di Eropa dipengaruhi oleh adat-istiadat pra-kristen di sana. Pohon Natal adalah salah satu contoh yang jelas; ini tradisi mereka sebelum agama Kristen tiba di Eropa.

Setiap agama cenderung melakukan adaptasi di setiap tempat di mana dia hadir, tumbuh dan berkembang termasuk Kekristenan di Tanah Batak. Dalam konteks inilah, seharusnya orang-orang Batak Kristen bisa menghargai bahwa pembaharuan itu penting demi kebaikan bersama; cara pandang terhadap Parmalim yang salah sama sekali tidak berguna.

Mayoritas umat Kristen yang Protestan masih terkerangkeng dalam dogma-dogma triumpalis Kekristenan yang ekslusif itu. Sejak kecil sampai dewasa kebanyakan orang takut mempertanyakan kebenaran dogma-dogma yang ada dalam agama yang dianutnya seolah-olah mempertanyakan itu saja sudah cukup untuk membuat orang terbakar-hangus hidup-hidup ribuan tahun di neraka. Mereka memilih bertahan dalam ruang-ruang gelap yang dogmatis dan menakutkan itu; bagi mereka mempertanyakan kebenaran agamanya adalah dosa, tanda iman lemah. Siapa yang sudi dituding beriman lemah?

Masih banyak orang Kristen yang hidup dalam alam pikir dan iman: extra ecclesiam nulla salus, di luar gereja tidak ada keselamatan. Konsili Vatikan II tahun 1962 telah merubah peryataan yang ekslusif ini. Tentu saja kaum Protestan perlu mengamini Konsili Vatikan II kecuali mereka mau hidup dalam kerangkeng teologinya yang sempit dan tidak peka terhadap pluralitas agama dan budaya dalam diri umat manusia di seluruh jagat.

Kekeristenan masyarakat Batak itu terdiri dari paling tidak: Habatahon (ke-Batak-an) berpadu dengan Kekristenan a la Eropa yang sudah terlebih dahulu membaur dengan konteks Eropa. Sedikit saja orang-orang Batak yang menganut agama Kristen yang bukan berasal dari Eropa seperti Kenisah Oriental: Kristen Pakai Jilbab?.

Soal kemurnian termasuk dalam hal beragama, barangkali tak satupun kita ini yang benar-benar murni?***

------------------------------------------

Tanggapan Tulisan

kurtubi, 20 September 2010 11:46
terima kasih atas artikelnya, memberi warna dan dialog yang menyehatkan bukan saja u/ umat kristen tetapi juga buat non kristen….

asrim, 20 September 2010 | 12:00
Saya harap kita menghormatilah penduduk lokal dalam keseharian kita setiap kegiatan yang kita lakukan harap memperhatikan masyarakat dilingkungan mana kita berada. salam.

tengkubintang@yahoo.com, 20 September 2010 11:59
Hm, saya sendiri heran mengapa disebut seseorang beragam Katholik, bukan Kristen. Setahu saya baik Katholik atau Protestan adalah sama-sama Kristen. Ternyata keheranan itu ada juga pada ahlinya, Limantina Sihaloho. Good article, sis..

Frans Purba, 20 September 2010 12:14
HKBP diwarnai significant dari etnis Batak Toba/Tapanuli Utaranya-sehingga Lomok2 dan Dalihan na 3 pun sudah ikut mewarnai ritual dan ibadah nya-Seandainya Allah mengizinkan tiba2 Jesus kembali ada didunia ini dan melihat langsung ibadah2 HKBP -Jesuspun barangkali akan ter-heran2,ya.

Well Fredd, 20 September 2010 12:17
Mungkin yang perlu diluruskan adalah : apakah yang disebut dengan kekristenan yang murni itu? Lalu kita juga harus mengerti ttg apakah “agama” itu. Saya rasa dengan menjawab kedua hal tersebut akan memudahkan kita untuk menjawab masalah kemurnian dan menghindari ketakutan untuk mendiskusikan dogma yang ada. Salam.

Priyanto B. Nugroho, 20 September 2010 12:19
Ulasan yang sangat menarik dan mendasar. Pencarian kemurnian memang sangat menggoda dan tak akan pernah berhenti. Salam hangat.

Topan Ripan, 20 September 2010 12:19
mana ada yang murni di dunia ini ? sedikit banyak semuanya sudah terkontaminasi, entah bahasa atau pakaian atau ritual-ritual.
yang penting itu cukan di ism (chritianity atau budhhism, atau isme-isme lainnya). yang penting itu adalah di perjalanan si pejalan spiritual, yakni di pelaksanaan hukum kasih.
bukan kata atau pakaian yang penting tapi esensi dari sebuah ajaran.
anda pakai kata “jsdfsdjhueu8h” sebagai penganti kata Allah pun tidak masalah selama esensinya sama. sama saja seperti apel dan apple, seperti “beras” dan “rice”.
anda kristen dan kemudian memilih pakai jilbab tapi membenci musuh atau merasa paling murni karena pakai jilbab ya sama juga bohong ..
salam, topan

Topan Ripan, 20 September 2010 12:22
anda duduk, bersujud dengan lutut, atau berdiri atau anda sujud, itu hanya bentuk dan tidak ada artinya kalau esensinya tidak anda pahami.
bentuk tidak membuat esensi menjadi lebih murni atau tidak. botolnya bisa saja berlambang Aq*a tapi kalau isinya/esensinya air beracun ya sama juga bohong.
salam, topan

Wijaya, 20 September 2010 12:41
Agaman murni? menurut saya yang awam dan tidak memilih agama manapun di Indonesia, phenomena asimilasi (saya tidak tahu apakah masih sejalan dengan isi artikel atau tidak) terjadi juga di Bali. Hindu yang berbaur kuat dengan adat kebudayaan lokal sehingga menjadi tidak terpisahkan di kehidupan sehari-hari khususnya bagi Hindu Bali.
Bukan hanya untuk umat Hindu, bahkan sisi “kebudayaan” juga mempengaruhi apa yang dikenal dengan ISLAM Pegayamaman (Nama daerah/desa di Bali yang konon penduduknya banyak dari suku BUGIS) juga mengusung “tata cara” Hindu-Bali. (mungkin kurang lebih sama dengan istilah Kejawen untuk Islam di pulau JAWA?) bahkan nama depan pun memakai kharkater yang sama macam, Putu, Made, Ketut..dll
Untuk yang Kristen (saya tidak tahu apakah Katolik atau Protestan) Gereja di Bali umumnya memakai arsitektural Bali (lengkap dengan segala lekukan ukirannya)
Kalau tidak salah tahun 80-an, Islam Pegayaman tidak di akui sebagai umat Muslim karena memakai “unsur-unsur” Bali sebagai pelengkap entnicitas mereka..Walau menurut saya ya mereka tetap Muslim

elvnapit, 20 September 2010 12:41
apakah ada yg merasa murni??

joko wenampati, 20 September 2010 | 21:51
tetangga saya dulu ada yang namanya murni, sorry intermezzo, serius banget sih?

elvnapit, 21 September 2010 | 14:07
teman saya namanya murni, ada 2 lagi

dean zeema, 20 September 2010 16:30
kemurnian ajaran suatu agama idealnya harus ada karena rasanya tidak mungkin kita menyembah satu tuhan dengan mempergunakan ritual atau simbol2 keyakinan/agama lain…………..memang sulit memisahkan tradisi/budaya dengan agama karena terkait dengan histori penyebaran penyebaran agama disuatu daerah. tapi rasanya sangat aneh misalnya anda sholat memakai simbol seperti salib atau membawa sesajen atau yang lainnya?atau anda pergi kebaktian memakai sarung dan lobeh, misalnya? simbol adalah refleksi dari suatu keyakinan.

Zulkarnain El-Madury, 20 September 2010 19:21
Untung bukan saya yang nulis atikel ini. kalau saya yang nulis, mungkin disebut Provokator

Zulkarnain El-Madury, 20 September 2010 19:43
Matius 19:17 Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, TURUTILAH SEGALA PERINTAH ALLAH.” Bila dilihat dari kacamata manusia, jelas Yesus itu manusia yang membawa Perintah Tuhan sebagaimana tercermin pada Itu. Mengajarkan Ibadah sesuai, berdoa, bermunajad, sujud sebagaimana dalam alkitab Lukas 6:12, berdoa KEPADA ALLAH, BUKAN PADA JESUS… Mudah-mudahan mendapat hidayah dari ALLAH, Tuhan sebenar.
Lukas 6:12 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa & semalam-malaman Ia BERDOA KEPADA ALLAH.
Matius 14:23 Setelah orang banyak itu disuruhnya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.
Lukas 5:16 Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.
Markus 1:35 Pagi2 benar, waktu hari masih gelap,Ia bangun & pergi keluar.Ia pergi ke tempat sunyi & berdoa disana…….
Arah kiblat juga ada di Mazmur 138:2. Aku hendak sujud kearah Baitmu yang kudus dan memuji namaMU. Bahkan rupanya sujudpun harusnya d! ilakukan oleh pengikut Musa, diperkuat pas di Taman Getsemani juga Yesus sujud. Hayo kapankah Yesus dikatakan sembahyang sambil nyanyi2 kan gak pernah. ini menunjukkan bahwa Yesus itu berkiblab dalam beribadah, yesus sujud bukan nyanyi-nyanyi dalam beribadah “Yesus maju sedikit, lalu sujud dan berdo’a, kata-Nya : “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini llau daripada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Ku kehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39). Menarik Bukan tetapi tedisi Yesus itu sudah hilang dari Gereja. Saya sebagai Muslim, Menyayangkan Agama Nazarat, Salah kalau pake Kristen, sebab kata kristen itu tidak lahir dari Ucapan Yesus, tetapi orang orang Anthoakia.

Rafael Naftali, 20 September 2010 | 21:11
Zulkarnain,
Memang terjadi kekacauan dalam Alkitab/Bible. Dalam Bahasa Batak/Bali/Dayak, pakai Debata/Dewata, yang mana asal katanya adalah Devata, yang berasal dari bahasa Sanskrit. Dalam Bahasa Inggris, disebut God. Dalam Bahasa Peracis, disebut Deo. Dalam bahasa Yunani, disebut Deus. Dalam bahasa German disebut Goet, dalam bahasa Arab, disebut Allah. –>Allah itu bukan nama, melainkan sebutan, yang artinya sesembahan.
Bangsa Israel (Yahudi) sujud menghadap ke Yerusalem, bukan ke Mekkah. –> Yang sujud menyembah sesuatu di bumi ini adalah paganisme.
Ajaran Yesus dalam berdoa, adalah Matius 6:6-13, sbb: 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]
Itulah cara berdoa yang Yesus ajarkan.

Rafael Naftali, 20 September 2010 | 21:13
Kristen yang benar kalau berdoa, akan mengatakan “Allah yang disembah Abraham, Isak, dan Yakub”. Itulah cara mengidentifikasi, siapa yang disembah. Nama suci dari yang disembah Abraham, Isak, dan Yakub adalah YHWH.

reo, 20 September 2010 | 21:37
bang zul.. kok dulu pakai kiblat ke Yerusalem kenapa? dan terus diganti ke Mekkah kenapa? Apa Tuhan ga punya pendirian?

reo, 20 September 2010 | 21:44
Matius 14:23 Setelah orang banyak itu disuruhnya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. ==================
da yang tau ga cak zul.. doaNya Yesus saat itu gimana?? Mungkin aja kan Firman itu balik ke surga atau gimana gitu.. Mungkin saja kan ini adalah ajaran dari Dia untuk kita senantiasa berdoa di saat saat seperti itu.. Menunjukkan bahwa Bapa selalu ada menyertai kita…
Ada ayat ini juga cak.. Yohanes 1:1 (1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Gimana hubungan lukas 6:12 dengan ayat yohanes 1:1.. Anda kan kristolog cak.. mohon penjelasannya..

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 04:28
http://www.jw-media.org/rus/20100914a.htm…….Silahkan baca Orang Kristen sendiri menolak Bahwa Yesus itu Tuhan, sayangnya golongan YAHOVA ini udah dianggap Sesat oleh kristen lainnya yang tidak setuju. Ternyata orang kristen ngakunya Pluralis, begitu gilirannya ada Saksi Yahova dianggap sesat …wah wah keterlaluan juga.

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 05:02
@Rafael Naftali, kayaknya anda mulai benar berbicara, tidak kayak Reo. Lebih ilmiah anda. Cuma bagaimana sih doanya Yesus kepada Tuhannya ?….Jangan bilang kristen, bagaimana Yesus berdoa. Dan kalau ada yang beranggapan dia Tuhan, mestikah dia berdoa sampai laut malam. ?…itulah menunjukkan yesus adalah manusia “Yesus maju sedikit, lalu sujud dan berdo’a, kata-Nya : “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini llau daripada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Ku kehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39). Coba perhatikan, bukankah dia itu manusia biasa yang membutuhkan Tuhan, renungkan ayat itu baik baik. Kalau Tuhan tidak mungkin berdoa. Padahal dalam keyakinan Kristen Bapa+RohKUdus, Yesus= Yesus…..Lalu mengapa Yesus berdoa kepada Yesus ?….yang benar sajalah anda beragama.

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 09:06
@Rafael:>Allah itu bukan nama, melainkan sebutan, yang artinya sesembahan.>>.Rafael yang bukan nama Ila. Allah etimologinya adalah Ilah. Kemudian dalam bahasa ada kalimat sambungan yang menunnjukkan nama (Isim). Al dan Ilah (itu asalnya). Kemudian di Idghomkan artinya di Gabung Antara Al dan ilah Menjadi Allah (Isim=Nama). Jadi kayaknya anda tidak mengerti bahasa arab. Itu yang disebut Tata bahasa arab.

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 16:57
Cak Zul,
Kalau Allah itu adalah NAMA, maka jelas antara YUDAISME/KRISTEN tidak sama dengan ISLAM, karena ISLAM menyembah ALLAH, sementara dalam YUDAISME/KRISTEN, meyembah YHWH. Nah, lho.
Berarti, jangan suka berkoar-koar kalau Islam itu agama Samawi, karena yang disembah saja sudah berbeda. Sekarang, lebih tepat kita katakan kalau Kristen berasal dari Yudaisme, tapi Islam adalah “yang lain”, yang tidak ada kaitannya. Jadi, jangan suka mengkalim properti YUDAISME/KRISTEN sebagai properti Islam. Robohkan itu mesjid Al Aqsa, karena itu adalah tempat bait suci YUDAISME. Dengan kita memisahkan jauh-jauh ISLAM dari YUDAISME/KRISTEN, maka tidak ada kekacauan. Terserah apakah ISLAM yang masuk surga, tapi jangan mengaitkannya dengan YUDAISME/KRISTEN.
Kesimpulan saya: ISLAM adalah ISLAM, tidak berkaitan dengan YUDAISME/KRISTEN. Dan YUDAISME/KRISTEN adalah YUDAISME/KRISTEN, tidak berkaitan dengan ISLAM..

joko wenampati, 21 September 2010 | 18:06
kenapa kiblat pindah dari baitul maqdis di yerusalem ke baitullah di ka’bah ? jangan tanya ke manusia dong, tanya ke Allah yang memerintahkan itu. lagian yang membangun baitullah itu nabi ibrahim dan dulunya nabi ibrahim sholat menghadap baitullah itu.

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 18:11
@Joko W,
Komentar Anda: lagian yang membangun baitullah itu nabi ibrahim dan dulunya nabi ibrahim sholat menghadap baitullah itu.
Dari mana Anda bisa mengatakan itu? Di mana ada itu tertulis kalau Abraham sholat menghadap ke Ka’bah? Ups, sorry, Abraham dan Ibrahim itu sama nggak ya? Sorry.

joko wenampati, 21 September 2010 | 19:38
ya tahu nya dari Firman Tuhan alam semesta.
lebih baik anda baca ini : jika premis-premis2 dan konklusi ini benar
Firman Allah adalah Allah itu sendiri Allah menciptakan Yesus dengan firman Nya, Firman itu menjadi Yesus maka yesus adalah Allah,
maka seharusnya premis-premis dan konklusi berikut ini benar : Firman Allah adalah Allah itu sendiri Allah menciptakan matahari dengan firman Nya, Firman itu menjadi matahari maka matahari adalah Allah,
salah besar toh! bukankah seluruhnya kejadian di jadikan dengan firman Nya, jadi apa artinya seluruhnya adalah Allah ? keliru besar toh.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 19:08
hebat!!!!!!!

reo, 6 September 2010 | 12:56
Allah menciptakan Yesus dengan firman Nya, ======= Yang ini darimana bang??? Kok keliru gini…..
Yesus tidak diciptakan dengan firman!!
AlQuuran sendiri bilang dari kalimatnya.. bukan dengan kalimatNya..
Dan kesimpulan anda sendiri sangat salah.. Allah menciptakan matahari dengan firman.. kenapa firman yang jadi matahari??
Ini contohnya..
Presiden telp anda.. Anda hanya dengar suara presiden.. Suara itu bilang anda diangkat jadi menteri.. Apakah ketika anda ketemu presiden, anda bilang.. eh, suara anda angkat saya jadi menteri lho!?? anda ga akan gitu kan?? Walah.. kenapa sih.. hal simple gini susah banget dimengerti??

reo, 20 September 2010 21:51
=== Untung bukan saya yang nulis atikel ini. kalau saya yang nulis, mungkin disebut Provokator =====
lha.. udah tahu bedanya kan cak Zul.. provokator dan yang tidak? akhirnya terbuka juga mata anda cak.. Tulis agama anda… ga agama tetangga.. kalau anda menghina orang dirumah anda kan ga dianggap provokator.. coba aja tetangga sebelah rumah anda hina.. gimana tuh akibatnya..

dean zeema, 20 September 2010 21:55
@raffael: anda benar tapi abraham, ishak dan yakub gak nyembah Yesus! @reo : hay reo, sudah bisa kau pertanggung jawabkan komentarmu? ” Tuhan ga punya pendirian? Yohanes 1:1 (1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” bisa anda jelaskan ini? siap yg ga punya pendirian? bagaimana 2 hal yg berlainan yang awalnya berdiri sendiri lalu mereka bersama-sama kemudian mereka bersatu menjadi satu arti? siapa Firman itu?dalam kamus bahasa indonesia, firman berarti perkataan Tuhan. lalu bagaimana Perkataan Tuhan bisa bersama-sama dengan yang Berkata-kata lalu mereka menjadi satu? bingung saya………..jelasin dong!

joko wenampati, 20 September 2010 | 22:26
firman kok Allah itu sendiri? gimana ya kalau di ucapkan lalu di rekam?

joko wenampati, 20 September 2010 | 22:29
kalau di analogikan begini, raja dean bersabda, wahai rakyatku bla bla bla, kemudian ada rakyat yang merekamnya, jadilah rekaman sabda dean menjadi raja dean.
sekarang ada teknologi yang lebih maju, voice synthesizer,

reo, 20 September 2010 | 23:02
Ha? pada mulanya kan Firman itu bersama sama dengan Allah..
Diperjelas seperti ini.. Ada suara.. lho ini kan suaranya pak dean.. oh ternyata pak dean disini… lha apa suara dean terpisah ama tubuh dean dan berdiri sendiri sendiri? Tolong jangan muter ke teknologi.. rekaman segala.. ini hanya contoh..
Saya harap dimengerti…
di Yohanes ini menerangkan Yesus.. makanya di sebut seperti ini.. “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”
Di Quran disebut sebagai KalimatNya.. dan RohNya.. kalau kalian ga percaya Yohanes 1:1 kenapa kalian percaya Maryam mengandung dari KalimaNya dan Rohnya? bukan dari manusia.. Tolong dalam hal ini kita konsekuen.. Tidak ada yang bisa membatasi kuasa tuhan.

reo, 20 September 2010 | 23:08
lanjutannya.. yohanes 1:14 (14) Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran

reo, 20 September 2010 | 23:21
kenapa kelahiran Isa/Yesus di Quran sperti tidak berarti.. Bahkan disamakan dengan sekedar kun Fayakun. Sama seperti adam yang dari debu/tanah.. Padahal tdak ada bahan lain disebut di Quran dari Isa ini selain kalimatNya dan RohNya.. Bisakah kita sebut kalimatNya sebagai FirmanNya? bahkan yang istimewa seperti ini pun dikaburkan hanya sebagai nabi biasa di Quran..
saya ingin bertanya.. Lebih tinggi mana.. Isa atau Mohamad. Kenapa di syahadat hanya nabi Mohamad yang disebut. Apakah ada syahadat sebelum Mohamad.. Apakah Isa Islam? padahal Isa pasti tidak mengucapkan syahadat. kalau tinggi Mohamad, kenapa kelahiran Isa lebih dasyat dari Mohamad? bahkan lebih dasyat dari adam. Adam dibuat seperti itu karena tidak ada manusia lain sebelumnya.. Lha Isa? kenapa sudah banyak manusia Tuhan sampai perlu membuat Isa lahir seperti itu?
Kalau Isa lebih besar, kenapa kalian tidak beriman kepada Injil yang sudah di benarkan oleh Quran juga..
-SELALU KEMBALI LAGI BAHWA INJIL SUDAH DIPALSUKAN-
Lha sekarang saya mau nanya lagi.. cak zul ga pernah isa jawab ini.. iya kan cak..
MANA INJIL YANG ASLI!! Injil yang disebut dibenarkan Quran itu Injil yang mana??
-SEKALI LAGI TIDAK ADA YANG BISA JAWAB-
kenapa hidup Yesus/Isa sedemikan bertolak belakang dengan hidup Mohamad. Silahkan kalian baca Injil dan bandingkan dengan Quran.. Lihatlah seperti apa Isa itu..
Mohon tanggapannya.. mungkin beberapa hari ini saya tdk bisa nanggapin tapi saya akan balik kesini begitu bisa.. thanks..

joko wenampat, 20 September 2010 | 23:23

oo firman itu telah jadi manusia, maksud gini bung, Tuhan berfirman jadi lah, maka jadi lah. jadilah manusia dalam rahim, maka jadilah manusia dalam rahim maryam. jadi lah bumi maka jadilah bumi, jadi lah…maka jadilah alam semesta gitu. Tuhan mencipta memang pasti hanya dengan berfirman toh.

joko wenampati, 20 September 2010 | 23:23
pernah dengan kunfayakun?

reo, 20 September 2010 | 23:38
That’s right!!.. Tuhan mencipta dengan berfirman!!
yohanes 1:1-3 1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (2) Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. (3) Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan
Lanjut.. (10) Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. (11) Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. (12) Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; (13) orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

reo, 20 September 2010 | 23:41
baca ayat lengkapnya disini.. http://alkitab.otak.info/index.php?hal=lihatPasal&injil=43&pasal=1&ayat=1#1

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 04:54
Hanya orang bodoh yang tidak paham dengan alkitab diatas. 1. Firman itu ucapan Allah, jelas maknanya adalah allah, kalau firmanya harimau, maknanya ya hariamau mengaum . 2.dia itu allah bukan yesus… 3. ternyata anak anak allah banyak ya ?, berapa cucunya ?…heheheh 4. lalu adakah Allah menyebut Dia itu Tuhan ?……masak tuhan berdoa, mungkin Tuhannya tak mampu, lalu minta bantuan tuhan lainnya….Akal mana sih yang bisa menerima keyakinan anda itu ?….hanya orang sinting mereka reka tafsir.

hen hen, 21 September 2010 | 16:38
Pak Zulkanain, gini lah jadinya kalau menafsirkan Kristen tanpa mengerti Theologi kekristenan. Yesus adalah Anak Allah begitu adanya kepercayaan kami. Dasar dari iman adalah percaya, kalau anda tdk percaya itu urusan anda. Kami percaya maka kami akan diselamatkan.

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 16:50
Kalau Allah itu adalah NAMA, maka jelas antara YUDAISME/KRISTEN tidak sama dengan ISLAM, karena ISLAM menyembah ALLAH, sementara dalam YUDAISME/KRISTEN, meyembah YHWH. Nah, lho.
Berarti, jangan suka berkoar-koar kalau Islam itu agama Samawi, karena yang disembah saja sudah berbeda. Sekarang, lebih tepat kita katakan kalau Kristen berasal dari Yudaisme, tapi Islam adalah “yang lain”, yang tidak ada kaitannya. Jadi, jangan suka mengkalim properti YUDAISME/KRISTEN sebagai properti Islam. Robohkan itu mesjid Al Aqsa, karena itu adalah tempat bait suci YUDAISME. Dengan kita memisahkan jauh-jauh ISLAM dari YUDAISME/KRISTEN, maka tidak ada kekacauan. Terserah apakah ISLAM yang masuk surga, tapi jangan mengaitkannya dengan YUDAISME/KRISTEN.

joko wenampati, 21 September 2010 | 17:07
@reo dari ayat itu seharusnya anda paham, 1. Ada Tuhan, dan ada Firman Tuhan, keduanya tak dapat dipisahkan. Tidak mungkin ada firman Tuhan jika ada Tuhan dan Tuhan dapat di ketahui kebeberadaan Nya karena Tuhan berfirman. tanpa berfirman Tuhan tidak pernah di kenal. 2. walaupun keduanya tak terpisahkan antara Tuhan dan firman Nya, firman Allah bukanlah Allah itu sendiri, namun juga bukan mahluk Tuhan. hal ini adalah analoginya saya berikan pada rekaman suara, ada bung Reo dan ada perkataan reo, perkataan bung Reo dapat di tulis menjadi kitab, namun wujud Reo tidak bisa di tulis ke dalam kitab. 3. ALLAH berwujud namun firman Allah tak berwujud. 4. Allah menciptakan mahluk dengan berfirman, termasuk menciptakan langit, menciptakan bumi, menciptakan para Nabi, dan termasuk menciptakan seluruh manusia.oleh karena itulah ada wanita yang bisa hamil dan ada yang tidak bisa hamil. 5. Allah mecnipta dengan cara berfirman, maka oleh karena firman itu bukanlah mahluk, dan bukan firman yang berubah menjadi mahluk, bukan firman yang berubah jadi langit, bukan firman yang menjadi bumi dan bukan firman yang berubah menjadi yesus. INI ARTINYA seluruh kejadian baik peristiwa maupun mahluk terjadi atau terwujud atas kehendak Allah yang termaktub dalam firmannya.

joko wenampati, 21 September 2010 | 17:07
ralat point 1. tidak mungkin ada firman Tuhan jika tidak ada Tuhan

joko wenampati, 21 September 2010 | 17:19
jadi kekelirusan nya terjadi pada menafsirkan firman Allah, Jika Yesus di ciptakan dengan firman Allah dan itu di artikan Yesus adalah firman Allah, maka hal yang serupa berlaku pada ciptaan lainnya. kongkritnya kekeliruan lain bisa terjadi, jika matahari, bulan bintang di ciptakan dengan firman Allah maka matahari, bulan dan bintang adalah firman Allah, jika kekeliruan firman Allah adalah Allah itu sendiri di teruskan kekeliruan besar terjadi. kongkritnya : Firman Allah adalah Allah itu sendiri (premis yang keliru) Allah menciptakan dengan berfirman (premis benar) Firman menjadi matahari (premis salah)
maka konklusinya “matahari adalah Allah” salah besar

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 17:20

@Joko W:
Kesimpulan saya: ISLAM adalah ISLAM, tidak berkaitan dengan YUDAISME/KRISTEN. Dan YUDAISME/KRISTEN adalah YUDAISME/KRISTEN, tidak berkaitan dengan ISLAM.

joko wenampati, 21 September 2010 | 17:45
jika premis-premis2 dan konklusi ini benar
Firman Allah adalah Allah itu sendiri Allah menciptakan Yesus dengan firman Nya, Firman itu menjadi Yesus maka yesus adalah Allah,
maka seharusnya premis-premis dan konklusi berikut ini benar : Firman Allah adalah Allah itu sendiri Allah menciptakan matahari dengan firman Nya, Firman itu menjadi matahari maka matahari adalah Allah,
salah besar toh! bukankah seluruhnya kejadian di jadikan dengan firman Nya, jadi apa artinya seluruhnya adalah Allah ? keliru besar toh.

reo, 26 September 2010 | 12:31
Allah menciptakan Yesus dengan firman Nya, ======= Yang ini darimana bang??? Kok keliru gini…..
Yesus tidak diciptakan dengan firman!!
AlQuuran sendiri bilang dari kalimatnya.. bukan dengan kalimatNya..
Dan kesimpulan anda sendiri sangat salah.. Allah menciptakan matahari dengan firman.. kenapa firman yang jadi matahari??
Ini contohnya..
Presiden telp anda.. Anda hanya dengar suara presiden.. Suara itu bilang anda diangkat jadi menteri.. Apakah ketika anda ketemu presiden, anda bilang.. eh, suara anda angkat saya jadi menteri lho!?? anda ga akan gitu kan?? Walah.. kenapa sih.. hal simple gini susah banget dimengerti??

@cak zul.. Yesus adalah Firman Allah.. Anda kok ga ngeyel Quran bagaimana mungkin manusia Adam diciptakan dari debu???
Yesus mengajar Doa. katakan.. apakah ada yang melihat Yesus berdoa?? Semua ayat bilang Yesus menyendiri berdoa.. tapi sekali lagi.. apa ada yang melihat Yesus berdoa langsung??

reo, 20 September 2010 22:41
Ga tau ini bener apa ga!! Kalau bener.. Siapa nyontek siapa ya….
http://www.youtube.com/watch?v=0aHWASyMjwg

dean zeema, 20 September 2010 23:19
gak bs dibuka bro, lo aja jelasin! ntar kl gw yg jelasin gak gak enak ini agama elo! trus nambah dech, kl bunda maria dimana posisinya? maksudnya gimana sejarahnya koq bs ikut jadi tuhan alias ikutan disembah?gw bnyak tanya ya bro……sorry

reo, 20 September 2010 | 23:23
Bisa dibuka lho… bagus tuh.. dicoba lagi pak..
Masalah bunda maria.. tanya pak ke katholik.. saya ga pernah berurusan ama bunda Maria.. Tx..

dean zeema, 21 September 2010 | 00:09
Oh beda yah…….tp yg td aja deh yg yohanes 1:1-3 aja, kl inzil yg asli setahu saya Inzil Barnabas………….(saya dah pernah buka tp yg terjemahannya, punya kawan). disitu ada ayat yg menjelaskan bhw isa mengakui ada rasul terakhir setelah dirinya. Inzil tersebut menurut riwayat adl inzil yg di pegang pendeta nasrani Bukhara yg menjadi paman dari siti Khadijah istri pertama nabi mUhammad. Inzil ini (kl tdk salah ingat)dah didokumentasikan dlm bentuk dvd lho ntar aku cariin sm kawanku dulu

reo, 21 September 2010 | 00:12
Bang lihat link ini..
http://id.wikipedia.org/wiki/Injil_Barnabas
okey deh bang.. silahkan di cari dulu.. saya juga mau lihat.. thanks a lot.. saya out dulu..

reo, 21 September 2010 | 00:24
Satu lagi sebelum pamit he..he.. bisakan di tunjukkan bahwa injill yang dibenarkan Quran itu Injil barnabas? padahal Injil tulisan matius dkk itu sudah ada sejak tahun 60 masehi… atau 6 abad sebelum Quran.. dan selalu dipakai dari saat itu sampai sekarang.. Lha yang barnabas itu?? siapa yang memakai? kalau dibenarkan Quran kenapa tidak dirawat dan di pelihara oleh Islam?? malah baru ditemukan sekitar 4 abad yang lalu..
ini ada link dari situs Islam..
http://studiislam.wordpress.com/2007/11/08/injil-barnabas-injil-yang-asli/
Situs ini malah membuktikan kalau Injil barnabas sempat “hilang”.. yang jadi masalah apabila situs Islam ini benar adalah.. bagaimana meyakinkan kalau Isi Injil barnabas abad ke 2 sama dengan injil barnabas abad 16? aoakah karena namanya sama? maaf, wikipedia lebih jujur.
sekali lagi.. apa iya injil barnabas yang ga juntrung dan ga pernah dipakai oleh orang malah dibenarkan.. lha gimana dengan taurat yang dibenarkan juga?

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 04:36
heheheh menunjukkan kebodohan seorang penulis. Belum dijawab udah ngumpat ngumpat tak karuan..ingin menunjukkan kalau anda pandai. Apa Firman itu ? Firman Dalam bahasa adalah Perkataan. Jelas sekali yang dimaksud firman oleh Alkitab adalah ucapan Kun Fayakun yang ada di Al-Quran. Coba tanya kepada Ahli Bahasa manapun. Firman itu apa…..pasti jawabnya adalah perkataan. Kayaknya tidak istimewa kalau Hanya Firman. Yang Istimewa kalau ada Kadal bisa melahirkan manusia …heheheheh, Saksi Saksi Yahova tidak pernah Percaya kalau Yesus itu Tuhan. http://www.jw-media.org/rus/20100914a.htm... Bayangkan ada kristen sendiri yang tidak percaya, bahwa yesus itu Tuhan. Sayangnya kelompok yang punya pengikut Besar Diamerika dah di cap Kafir oleh Kristen yang lainya terutama Kristen di Indonesia yang dongkol dengan Saksi Saksi Yahova. http://id.wikipedia.org/wiki/Saksi-Saksi_Yehuwa Yang anti Trinitas

Zulkarnain El-Madury, 21 September 2010 | 04:42
Firman Menurut Besar Indonesia
fir.man [n] kata (perintah) Tuhan; sabda: segala — Tuhan hendaklah dipatuhi; — Ilahi termaktub dl kitab suci ++++++++++++++++++ Kamus ini tidak pernah menyebut Firman itu Yesus http://www.KamusBahasaIndonesia.org…ternyata anda bodoh bahasa.

dean zeema, 21 September 2010 | 09:20
@reo : itu khan setahu saya bukan menurut Qur’an. dan keyakinan saya thd inzil sama dengan keyakinan saya terhadap zabur dan taurat.

hen hen, 21 September 2010 | 16:51
Biar saya jelaskan: Kitab yang menceritakan hidup Jesus itu banyak tdk terbatas pada Matius, Markus, Luk, dan Yoh. Karena yang bisa nulis pada zaman itu tdk hanya mrk berempat. Keempat injil trsbt dijadikan kitab suci oleh gereja karena adalah kesaksian pengikut Jesus. Jadi ada kemungkinan versi yang dijadikan rujukan Islam adalah versi yang dikarang oleh orang yang anti-Jesus atau tdk hidup di dekat Jesus. Selain Kitab Barnabas, masih banyak kitab lain juga yang mendiskreditkan Jesus. Jadi untuk menafsirkan Kristen tdk hanya dari Kitab, tapi harus dengan filsafat, theologi, dan tradisi.

hen hen, 21 September 2010 | 16:53
@ Zulkanain. Maaf sekali… walaupun anda mengaku sebagai Kristolog, tapi menurut saya anda tdk mengerti tradisi dan teologi Kristen. Jadi ada tdk akan bisa mengerti Iman Kristen. Shallom

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 17:02
@dean zeema:
Kalau Allah itu adalah NAMA, maka jelas antara YUDAISME/KRISTEN tidak sama dengan ISLAM, karena ISLAM menyembah ALLAH, sementara dalam YUDAISME/KRISTEN, meyembah YHWH. Nah, lho.
Berarti, jangan suka berkoar-koar kalau Islam itu agama Samawi, karena yang disembah saja sudah berbeda. Sekarang, lebih tepat kita katakan kalau Kristen berasal dari Yudaisme, tapi Islam adalah “yang lain”, yang tidak ada kaitannya. Jadi, jangan suka mengkalim properti YUDAISME/KRISTEN sebagai properti Islam. Robohkan itu mesjid Al Aqsa, karena itu adalah tempat bait suci YUDAISME. Dengan kita memisahkan jauh-jauh ISLAM dari YUDAISME/KRISTEN, maka tidak ada kekacauan. Terserah apakah ISLAM yang masuk surga, tapi jangan mengaitkannya dengan YUDAISME/KRISTEN.
Kesimpulan saya: ISLAM adalah ISLAM, tidak berkaitan dengan YUDAISME/KRISTEN. Dan YUDAISME/KRISTEN adalah YUDAISME/KRISTEN, tidak berkaitan dengan ISLAM.

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 17:03
@dean zeema:,
Jangan suka mengklaim Injil, Taurat, dan Zabur kami. Pakai kitab suci milik agama Anda sendiri, jangan mencuri. Mencuri itu haram. ISLAM adalah ISLAM, tidak berkaitan dengan YUDAISME/KRISTEN. Dan YUDAISME/KRISTEN adalah YUDAISME/KRISTEN, tidak berkaitan dengan ISLAM.

Rafael Naftali, 21 September 2010 | 17:06
@dean zeema:,
Apakah Yesus Kristus yang Disebut dalam Alkitab Sama dengan Isa Al-Masih yang Disebut dalam Al Quran? Silahkan baca di sini, di bagian komentar. http://agama.kompasiana.com/2010/08/31/apakah-yesus-kristus-yang-disebut-dalam-alkitab-sama-dengan-isa-al-masih-yang-disebut-dalam-al-quran/
Anda tidak akan rugi kan kalau Isa Al Masih tidak sama dengan Yesus Kristus? Tidak akan mempengaruhi iman Anda, kan?


Secularity Symbol


Phiner Seran, 21 September 2010 | 22:55
@ Zulkarnain : Apakah saya boleh mengartikan Al quran yang berisi Firman Allah (langsung dari Allah itu) hanya sebagai perkataan, firman, sabda, sebagaimana dimaknai oleh kamus? Kamus bahasa Indonesia lagi? Justeru karena dari iman kekristenan saya tentang Firman yang berinkarnasi menjadi manusia, Yesus Kristus, maka saya juga bisa mengartikan/memahami Al Quran adalah Firman Allah, yang adalah Allah sendiri, yang berfirman kepada umat kesayanganNya. Maka dari sinilah Al Quran (dan juga Kitab Suci lainnya) sangat…sangat dijunjung tinggi, dihormati sebagai Firman Allah, bahkan adalah Allah sendiri. Bukan hanya sekedar kata-kata atau perkataan atau firman yang tertulis. Ketika Firman Allah berkumandang, Allah sendiri yang berfirman. Maka bagi saya Firman Allah ya Allah sendiri. Bagaimana saya menjumpai Allah, ya dalam FirmanNya ketika dibaca dan/atau diperdengarkan.
Maaf kalau pemahaman saya ini keliru dengan saudara²ku muslim, karena saya memahaminya dari iman kekristenan saya seperti telah terkutib di Injil Yohanes bab satu di atas. Salam.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 19:12
yayayay, bisa nisa aja, berarti kalau allh yang anda tafsirka seperti, berapa banyak tuhan di dunia, sedang kata firmanlah yang menyabbkan bumi ini wujud, jadi alam semesta semuanya adalah Allah dong ? gawat pemikiranda. berbau paganisme, bukan hanya trinitas lagi.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 19:36
Siapapun tidak akan menolak bahwa Tuhan bersifat abadi, Alpha dan Omega, tidak berawal dan tidak berakhir, namun keberadaan Tuhan yang menjadi anak dan lahir dalam wujud manusia telah memupus keabadian sifat Tuhan didalam dunia Kristen, karena nyata ada Bapa dan ada anak alias telah ada Tuhan pertama yang lebih dulu ada yang disebut sebagai Tuhan tertinggi dan ada pula Tuhan yang baru ada setelah Tuhan yang pertama tadi ada. TRAGEDI PEMIKIRAN TENTANG TUHAN DALAM DUNIA KRISTEN, BISA DIPAHAMI DARI TEKS TEKS ALKITAB. “Sesudah dibaptis, Jesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan ia (Jesus) melihat Roh Allah seperti burung merpati hinggap ke atasnya, lalu terdengarlah suara dari sorga (apakah sorga = langit? :-red) yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” (Matius 3:16-17)
Disni bisa dilihat redaksi kata yang menunjukkan ada Oknum, Yesus, ada onum Roh Tuhan, yang menunjukkan 2 obyek bukan satu, Yesus dan Tuhan. Mestinya kalimatnya Yesus melihat dirinya, dan dia mendengarkan suaranya sendiri memanggil manggil dirinya……nah silahkan perhatikan, apa peran Yesus yang melihat Roh Tuhan, dari kesaksian juru tulis injil, matius. Subyek yang dilihat Yesus menunjjukkan bahwa yesus beda dengan bapanya. tidak 3 in 1.
“Maka kata Jesus sekali lagi: Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus aku, demikian juga sekarang aku mengutus kamu !; dan sesudah berkata demikian, ia (Jesus) menghembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus” !.” (Johanes 20:21-22), ini juga menunjukkan bahwa yesus tidak sendirian, dia menunjuk bahwa bapanyalah yang mengutusnya, bukan atas kehendaknya sendiri. artinya ada obyek ada subyek. Yesus tidak berdiri sendiri, tetapi berdiri atas Izin bapanya, Sekarang yang pahama itu saya atau anda. Coba bagaimana menurut anda, saya ingin tahu ?heheheh

reo, 26 September 2010 | 12:39
Bang zul.. saya kan bilang baru beberapa hari bisa balik..
fir.man [n] kata (perintah) Tuhan; sabda: segala — Tuhan hendaklah dipatuhi; — Ilahi termaktub dl kitab suci ==
Kata kata Allah itulah Yesus/Firman.. kenapa anda tidak mematuhi yesus??

reo, 26 September 2010 | 13:50
@ zul.. mengenai saksi jehova.. dan link yang anda beri.. http://id.wikipedia.org/wiki/Saksi-Saksi_Yehuwa
disitu ditulis… Berlawanan dengan doktrin Tritunggal, mereka percaya bahwa Yesus bukanlah Allah yang mengenakan tubuh manusia, melainkan ia diciptakan oleh Allah.
lalu disitu juga ditulis..
Wewenang tertinggi kehidupan mereka berdasarkan hukum-hukum dan prinsip-prinsip dari Kitab Suci atau Alkitab.
lha bagaimana bisa kalau percaya Alkitab ga percaya ayat ini.. 1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
penjelasannya ini… Sejumlah pakar telah mengkritik Terjemahan Dunia Baru, terjemahan Alkitab yang diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa, dan menyatakan bahwa kelompok ini telah mengubah Alkitab untuk dicocokkan dengan doktrin mereka dan bahwa terjemahan.
Anda baca link yang anda beri itu ga sih cak?? Apa bunyi Yohanes 1 ayat 1 dari saksi jehova ini? aku juga pengen tahu he..he..

hen hen, 21 September 2010 17:01
@ Zulkanain… sekali lagi maaf…. sebagai informasi saja. Sudah 2000 tahun orang/setan melakukan yang anda coba lakukan terhadap iman Kristen, tapi sampai hari ini semuanya masih kokoh keberadaannya. Kalau boleh saran jangan buang2 waktu anda untuk sesuatu yang hanya akan sia2 saja. Penguasaan literatur tdk akan buat anda mengerti apa yang orang imani.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 19:42
Jangankan ajaran yesus, para pelacur mewariskan tabiatnya sejak ribuan tahun hingga sekarang. Itu tidak bisa dijadikan rujukan, dan kalau anda jadikan rujukan, sejak dua ribu tahun lalu, tidak terbukti kalau yesus tuhan, karena yesus tidak mampu mengkristenkan umat dunia. Bahkan umatnya Yesus sndiri, yang namanya Israel jarang dari mereka yang memeluk kristen. itu membuktikan Yesus tidak diperhatikan oleh umat Israel. mengapa, lalu dengan anda ngotot beragama dengan agama yesus atau paulus, sementara Israel berpegang teguh dengan Talmud hingga sekarang ada apa

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 20:56
APAKAH DUARIBUA TAHUN YESUS MENGAJAARKAN TRINITAS ?……COBA SEBUTKAN DALILNYA TRINITAS SEPERTI APA ?….

reo, 26 September 2010 | 12:45
Apa trinitas itu menurut kristolog seperti anada cak zul?? dari penjelasan inilah kita tau seberapa tau anda tentang trinitas..

S. R. Wijaya, 2 September 2010 10:07
Sedikit komen untuk penulis, Dokumen Konsili Vatikan II adalah manifesto keagamaan paling “romantis” bagi saya. Harusnya semua institusi keagamaan melakukan tahap rekonsiliasi semacam itu untuk koeksistensi hidup di tengah keberagaman dunia.
Salam.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 19:43
ya harus da reformasi kegerejaan di Indonesia

reo, 26 September 2010 | 12:58
islam juga perlu reformasi ga cak???

dean zeema, 22 September 2010 18:47
@ raffael: yg bilang tuhan islam, yudas, dan kristen adalah sama siapa bung?kalau semua sama itu namanya sekuler. saya bilang keyakinan sya thd inzil sama dengan keyakinan saya thd zabur dan taurat……..ada yg salah dgn statement ini bung? anda sedang emosi atau bagaimana? anda tidak lihat saya sedang berdiskusi dengan dik Reo?indah khan tanpa harus menghujat………..saya bertanya, dia menjawab dan sebaliknya………saya juga tidak berharap dengan diskusi ini baik di Reo, anda atau saya sendiri akan terpengaruh keimanannya! keimanan adalah nikmat yg diberikan Allah kepada umatnya dan sering dibilang HIDAYAH. tahan emosi ya bung……….

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 19:20
@deen zeema,
Supaya Anda tidak usah capek2 membela agama Anda.
Saya akan sangat bahagia kalau Islam tidak mengaku-ngaku sebagai rumpun agama samawi. Sebaiknya katakan saja, Islam adalah Islam, tidak ada kaitannya dengan Yudaisme/Kristen. ha… ha…. ha…. ha….
Omong-omong, jangan suka membajak milik orang lain jadi milik sendiri dong jadi milik pribadi. Taurat, Zabur, dan Injil itu adalah milik Yudaisme/Kristen, tidak ada sangkut pautnya dengan Islam. Islam adalah agama lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan Yudaisme/Kristen.
Atau, jangan-jangan Anda punya Taurat sendiri, punya Zabur sendiri, atau Injil sendiri. Lihat dong, barangkali bisa dibuat sebagai perbandingan.
Tapi syukurlah, Anda sudah mengatakan bahwa tuhan islam, yudaisme (yang benar Yudaisme, bukan yudas ya), dan kristen tidaklah sama.
Saya baca di sini http://lomba.kompasiana.com/group/puasa-dulu-baru-lebaran/2010/09/03/syekh-kitab-kitab-samawi-dan-rahasia-sahur/, masak dibilang: 1. Taurat turun pada 6 Ramadhan, padahal sudah turun abad 13 sebelum masehi kepada Musa di gunung Sinai. 2. Zabur turun 18 Ramadhan, padahal Zabur (Mazmur) asalah lagu puji-pujian Raja Daud, jauh sebelum Masehi. 3. Injil turun 13 Ramadhan, padahal Injil adalah ajaran Yesus Kristus, bukan turun kayak buah jatuh. he.. he…
Ah, memang ada-ada saja. Suka membajak milik orang lain jadi milijnya. Dasar.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 20:07
ya memang kristen agama samawe yang diprovokasi oleh paulus tarsus, sehingga ajarannya berobah, yesus disebut tuhan, tuhan dari mana, dari selangkang maria ?….ya allah, bukan saja lucu tetapi mengenaskan, tuhan harus bertapa iperut ibunya, ibunya tuhan tidak bisa tidur lantaran mengandung tuhan selama sembilan bulan, waktu tuhan bay, menagis mnta susu ibunya, apa begitu agama samawi menurut anda Rafael= jadi ini balsan hinaan anda tehada Islam. Kalau anda tetap ngotot menghina Islam, tidak akan saya biarkan hal itu, akan dibalas yang sama. betapa ketika tuhan bayi sakit perut, menangis. ibunya pun bingung, waktu besar ibunya dihardi dengan kata Hai Perempuan…sekeji itukah yesuss terhadap orangtuanya. Itukah ajaran sama. termasuk bagaimana para nabi sebelum yesus dilukiskan sebagai penzina, bahkan yasus yang melarang melihat wanita, justru berpacaran dengan mghdalena. Itu sebagai balsan saya terhadap anda. jadi selama ini anda membela agama kaum pendosa.

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 20:24
Sudahlah Zul,
Tidak usah bicara kotor seperti itu, tunjukkan kalau Anda itu seorang Da’i, biar gak malu-maluin. Gaya2 seperti Andalah yang saya temui sekitar 15 tahun lalu yang membuat saya mau muntah, semua kualitas emperan. Semua cendikiawan Islam itu tidak cendikia, sehingga malas saya melihatnya.

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 20:33
Saya tau Anda stress karena “guru agama” Anda banyak dicerca. Ingatlah, dari buahnyalah pohonnya diketahui. Kalau buahnya saja sudah busuk, pohonnya juga berarti tidak sehat.
Memang, ajaran Yesus itu menjadi dilema kalau dilihat dari mata kepala, karena ajaran kesabarannya, sehingga banyak yang mengejeknya. Itu pula yang digunakan orang Arab di Eropa, mereka memanfaatkannya di sana, sehingga lama-lama mereka ngelunjak.
Anda mengatakan kalau Yesus pacaran dengan Yesus, karena Anda membaca novel Dan Brown. Padahal, novel Dan Brawn itu sendiri adalah jiplakan dari bukunya Baigent yang berjudul The Royal Blood, di mana buku itu didasarkan pada dongeng di desa La Chateau di Perancis.
CakZul,
Kalau masalah pengetahun, saya yakin seyakin-yakinnya, Anda tidaklah lebih pintar dari saya, dan tidak akan pernah lebih pintar. Itu sudah merupakan kutukan kepada Anda. Hati Anda hanyalah caci maki yang tidak berdasar, dan suka ngarang cerita.
Anda mencaci maki Yesus, ya silahkan. Namun, ketahuilah. Meyembah batu hitam dan kotak hitam di timur tengah itu adalah paganisme, ritual penyembahan berhala jaman dulu. Ingatlah, bahwa seseorang bernama Mr. M itu dulu juga melakukan ritual di sebuah gua H, dan beberapa kali membersihkan kotak hitam itu sebelum dia mengaku-ngaku sebagai nabi. Jadi, silahkan renungkan, apakah Anda menyembah yang benar, atau hanyalah seolah-olah benar?

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 20:53
Apa anda orangbersih, apa anda tidak merasa menghina Islam. anda tidak pernah bicara ilmiah, tetapi seenaknya ngatai Islam. Apa anda gurunya orang baik, anda sendiri mengatakan kalau buahnya tak jauh dari pohonnya, yaitu anda yang tak merasa berdosa ngatan orang lain, mejelekkan agama orang lain Makanya otaknya anda menghina islam, kalau otaknya anda berisi ilmu, tidak akan kotor menilai Islam. Kalau saya disuruh mencari ayat alkitab berapa ratus kekotoran didalamnya yang mendorong kebodohan anda keterlaluan mengumpat Islam. Saya hanya akan damai terhadap orang yang memaki agama saya, kalau anda benar mulutnya. saya akan benar. KALAU ANDA DIAJARI SOPAN SANTUN MEMAHAMI AGAMA ORANG LAIN, YANG SELALU BERKEDOK KEDAMAIAN, TIDAK AKAN BEGITU, MULUTNYA, DARI AWAL SAYA BERUSAHA, MENANGGAPI BAIK MENJAWAB PERTANYAAN ANDA TETAPI ANDA MENYERANG SESEORANG DENGAN BAHASA KURANG TERPELAJAR, SAYA HARUS MEMBERIKAN YANG SAMA TERHADAP ANDA. iNI KOMEN ANDA YANG KURANG NGAJAR TERHADAP ZEEMA (Kalau Allah itu adalah NAMA, maka jelas antara YUDAISME/KRISTEN tidak sama dengan ISLAM, karena ISLAM menyembah ALLAH, sementara dalam YUDAISME/KRISTEN, meyembah YHWH. Nah, lho.
Berarti, jangan suka berkoar-koar kalau Islam itu agama Samawi, karena yang disembah saja sudah berbeda. Sekarang, lebih tepat kita katakan kalau Kristen berasal dari Yudaisme, tapi Islam adalah “yang lain”, yang tidak ada kaitannya. Jadi, jangan suka mengkalim properti YUDAISME/KRISTEN sebagai properti Islam. Robohkan itu mesjid Al Aqsa, karena itu adalah tempat bait suci YUDAISME. Dengan kita memisahkan jauh-jauh ISLAM dari YUDAISME/KRISTEN, maka tidak ada kekacauan. Terserah apakah ISLAM yang masuk surga, tapi jangan mengaitkannya dengan YUDAISME/KRISTEN.)…jADI ANDALAH YANG HARUS KOREKSI, MUNGKIN ZEMAA TIDAK BISA MENJAWAB, TETAPI PADA SAYA ANDA JANGAN BEGITU. PASTI SAYA LAWAN, JADI IBARAT ITU DICERNA ANDA SENDIRI, BIAR MULUTMU SESUAI DENGAN AJARAN YESUS. pENDAMAI DIGELAP GULITA

Rafael Naftali, 22 September 2010 19:14
@dean zeema.
Anda menulis: Oh beda yah…….tp yg td aja deh yg yohanes 1:1-3 aja, kl inzil yg asli setahu saya Inzil Barnabas………….(saya dah pernah buka tp yg terjemahannya, punya kawan). disitu ada ayat yg menjelaskan bhw isa mengakui ada rasul terakhir setelah dirinya. Inzil tersebut menurut riwayat adl inzil yg di pegang pendeta nasrani Bukhara yg menjadi paman dari siti Khadijah istri pertama nabi mUhammad. Inzil ini (kl tdk salah ingat)dah didokumentasikan dlm bentuk dvd lho ntar aku cariin sm kawanku dulu
Saya kutip: kl inzil yg asli setahu saya Inzil Barnabas, disitu ada ayat yg menjelaskan bhw isa mengakui ada rasul terakhir setelah dirinya
Ha…. ha…. tipe umat Islam yang stress nabinya tidak diakui dalam injil. Saya malah punya bukunya Bung, 16 tahun lalu. Lha wong bukunya aja ditulis di spanyol abad 15. Ha… ha… ha… ha… ha…
Makanya, amannya, gak usah banyak ngomong kalau Islam itu percaya pada Taurat, Zabur, dan Injil. Islam adalah Islam, tidak ada kaitannya dengan Yudaisme/Kristen. Kan, aman.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 20:22
tidak perlu anda bicara injil,karena anda sendiri bodoh tentang injil, hanya paham berdasarkan doktri gereja, tidak bisa mengembang karakter anda sendiri sebagai umat kristen. agama samawi dari mana, wong itu karangan 4 oknum. Markus, coba perhatikan alkitab itu yang bertutur cerita yesus itu, tuhan atau markus. Perhatikan dengan seksama, apa itu dari langt ucapan markus?…tidak, tetapi merekam dari orang orang sektiarnya. lalu ditulis seperti menulis novel. Yang bercerita dalam nada Injil markus itu adalah markus, dari sudut pandang markus, berarti sangat subyektif. demikian lukas yang lebih mudah dari markus, sudut pandangnya lukas. mereka bukan penulis wahyu, tetapi penulis, menceritakan tentang yesus, berdasar cerita rakyat. Termasuk Matius, itu sudut pandang matius. yaang disebut wahyu itu tidaklah melibatkan orang yang mengarangnya. bersih dari campur tangan manusia.


Islamic Symbol


Rafael Naftali, 22 September 2010 | 21:00
Zul,
Sudahlah, ISLAM adalah ISLAM, tidak berkaitan dengan YUDAISME/KRISTEN. Dan YUDAISME/KRISTEN adalah YUDAISME/KRISTEN, tidak berkaitan dengan ISLAM. Najis bagi saya mendengar ada yang menyebut-nyebut Taurat, Zabur, Injil, semua tukang contek. Sebaiknya, uruslah diri Anda sendiri, jangan suka mencontek.
Wong Hukum Taurat jelas bertentangan dengan Al Quran, masih ngaku-ngaku sebagai “sodara”.

Zulkarnain El-Madury, 22 September 2010 | 21:25
hahahah bicara lain, tak malu kamu rafael. siapa yang ngakui lo tu saudara. Yang dimaksut alquran ahlul kitab, bukan orang kristen, tetapi agama yang dibawah oleh orang Nazarat, yang namanya Yesus, bukan kristen yang besar di Yunani ?……hahahahahaah,,,,,,agamanya lo itu bukan agamanya yesus, tetapi agamanya orang yunani yang dibesar oleh Paulus. makanya kaum saksi saksi Yahova menolak ajaran Paulus ?….ingat temanmu dulu itu, aqidahnya lebih bagus ketimbang anda. saya senang orang itu walaupun tak mengakui Muhammad sekalipun, yang jelas dia masih lebih baik ketimbang anda, karena Tuhannya allah, bukan yesus. Karena kristen yang diajarkan paulus itu besar diyunani, mana ada orang Israel masuk kristen ?……..yang banyak diluar orang orang Israel, karena Israel tahu, paulus bohong .

reo, 26 September 2010 | 12:56
Aneh cak zul.. beda dengan Islam yang memang disebut sebagai agama di Quran.. Kristen tidak pernah disebut di Injil.. Kita mengikuti ajaran Yesus/Firman Tuhan. Kita tidak maslah disebut ga beragama sekalipun.. wong kristen itu sekedar nama agama.. nama agama tidak membuat kita ke surga.. Firman Tuhanlah yang membuat kita bisa ke surga.
Anda bilang Quran mengakui Injil yang berisi ajaran orang nasaret itu.. lha injil itu yang mana? apa beda ama Injil yang dipakai oleh yang disebut agama Kristen sekarang ini??
apa salah kita menyebut Firman Tuhan sebagai Tuhan juga?? Ada ayatNya.. Yohanes 1:1
(1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
kalau anda keberatan dan tidak mengakui Firman Tuhan adalah Yesus.. kenapa anda percaya bahwa nabi muhamad dapat wahyu dari Tuhan.. bukan dari dia sendiri atau dari setan? Siapa saksinya kalau jibril sendiri yang ngajar??

dean zeema, 22 September 2010 22:53
@raffael: sebetulnya gue mau jawab, tapi gue rasa lo dah ditelanjangi ma ustadz zul jadi ibarat orang, lo ini punya malu ada 17, ilang satu masih ada 16 lagi sisanya. he.he.he tapi yg pasti lo ini bukan umat kristiani, katanya umat kristiani klo ditampar pipi kiri maka dikasihkan lagi pipi kanan. eh elo blom ditampar malah udah nendang. lagian mana ada umat kristiani belain yudas mati2an khan dlm sejarah dia yg berkhianat thd yesus, iya khan? gue rasa lo sekuler nih! tuhannya banyak………..elo salah hidup di indonesia yg “berkeTuhanan yg maha ESA”. Esa berarti satu, ada yg protes dengan arti Esa?sekalian nambahi ustadz zul, klo inzil ditulis oleh 4 orang yg bercerita tentang yesus, maka pertanyaanya adalah apa 4 orang ini malaikat yg g punya salah?ada buktinya orang ini malaikat,nabi atau rasul?

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 23:50
@dean zeema,
Sebagai orang yang mengaku lulusan perguruan tinggi, Anda seharusnya menjawan dengan jawaban yang terstruktur, bukan seperti Zulkarnain ini, ngaur gak jelas apa isi dari komentarnya. Untuk singkat, jawab saja pertanyaan saya ini:
Apa yang Anda katakan kalau Kabah, hajar aswald, ritual haji, puasa bulan ramadhan, semua adalah riatual paganisme pra-islam. Jangan mengira Yang maha Kuasa yang disembah Yahudi itu sembunyi dalam kotak hitam. Yang disembah Yahudi namanya YHWH, ukan Allah. Nama Allah itu bukanlah bawaan Muhammad seperti yang Anda duga sebelumnya. Nama ayahnya muhammad saja adalah Abdullah, yang artinya Abdi Allah, seorang pelayan dewa bulan bernama Allah.
Dewa bulan ini punya tiga putri: 1. Al-Lat, 2. Al-Uzza, 3. Manat Bisakah Anda jelaskan apa itu kabah, hajar aswald, rutual haji, ikram, dan dua hira?
Oleh sebab itu, berhentilah percaya kalau Allah itu adalah bawaan Muhammad. Bagaimana Dean, sudah paham? Ada yang mau membantah kalau saya salah? Silahkan ajukan sejuta bukti kalau saya salah, saya akan bantah Anda dengan sejuta satu argument kalau saya benar.

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 23:51
No wonder Indonesia makin makin lama makin bodoh, kalau seorang sarjana saja pola pikirnya masih seperti Anda. Ah, memalukan.

Rafael Naftali, 22 September 2010 | 23:54
Apakah Anda tau tentang Ayat-ayat Setan yang Salman Rusdie katakan yang membuat darahnya jadi halal ditumpahkan, halal dibunuh di mana saja berada? Apakah Anda perlu bantuan saya untuk menjelaskan Ayat-ayat setan tersebut sehingga jelas bagi Anda?
Sekali lagi, AYAT-AYAT SETAN.

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 | 00:13
Nih kalu Ingin tahu ayat ayat setan nih baca:TUHAN KRISTEN PENJAHAT TERHADAP ORANG ASING
ULANGAN 14 : 21
“Janganlah kamu memakan bangkai apapun, tetapi boleh kauberikan kepada pendatang yang di dalam tempatmu untuk dimakan, atau boleh kaujual kepada orang asing; sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam air susu induknya.” ajaran apa ini ayat atau meracun orang

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 | 00:16
TUHAN MENGAJARI MEMPERKOSA WANITA (MELACUR)
Kitab Ulangan:
22:28 Apabila seseorang bertemu dengan seorang gadis, yang masih perawan dan belum bertunangan, memaksa gadis itu tidur dengan dia, dan keduanya kedapatan– 22:29 maka haruslah laki-laki yang sudah tidur dengan gadis itu memberikan lima puluh syikal perak kepada ayah gadis itu, dan gadis itu haruslah menjadi isterinya, sebab laki-laki itu telah memperkosa dia; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi.
Jika anda patuh pada aturan hukum tersebut (katanya sih firman Tuhan), pasti anda akan mencari gadis paling cantik yang masih perawan untuk anda perkosa, karena sebentar lagi gadis itu akan menjadi istri anda. Enak kan

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 | 00:16
kalau enggak kedapan enak ya ..hahahaha

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 | 00:17
kalau anda masih menghina islam akan saya kuti semua ajaran kristen yang tak manusiwi itu

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 | 00:20
KRISTEN ISRAEL = DOMBA, KRISTEN NON-ISRAEL=ANJING
Kita semua pasti tahu bahwa Yesus hanya diutus kepada bangsa Israel, sebagimana tercatum dalam alkitab sendiri, sebutan domba juga sebutan yang khas terhadap bangsa Israel, dalam hal ini Israel adalah sebagai domba Kristen, lalu bagaimana orang Kristen yang diluar Israel, mari kita lihat ayat alkitab beikut dalam Injil Matius : 15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” 15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” 15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” 15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” 15:26 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada ANJING.” 15:27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” 15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.
Jadi kesimpulannya, adalah
Kristen Israel = Domba
Kristen Non-Israel = Anjing

reo, 26 September 2010 | 13:12
22:28 Apabila seseorang bertemu dengan seorang gadis, yang masih perawan dan belum bertunangan, memaksa gadis itu tidur dengan dia, dan keduanya kedapatan– 22:29 maka haruslah laki-laki yang sudah tidur dengan gadis itu memberikan lima puluh syikal perak kepada ayah gadis itu, dan gadis itu haruslah menjadi isterinya, sebab laki-laki itu telah memperkosa dia; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi. ===========
Ini adalah hukum di Israel jaman dulu.. lebih bagus mana dibanding yang wanita diperkosa.. tapi tanpa 2 orang saksi si pemerkosa tidak bisa dihukum!! aneh.. memperkosa kok ada saksinya!!
Ini hukum cak!! memperkosa harus bertanggung jawab!! bukan hanya denda harta.. tapi juga harus dikawini.. Ingat cak.. ayat diatas si gadis belum punya suami.. bahkan bertunangan pun belum!! kalo hukum Islam gimana cak? Anda memperkosa gadis.. trus gadis itu lapor.. ditanya, saksinya mana? ga ada.. anda bebas.. WUENAK TANAN YA CAK!! ngawini kagak.. denda kagak… wah wah… malah di sudan.. ada wanita yang dirajam karena lapor di perkosa!! karena dianggap zina.. walah walah.. diperkosa kok dianggap zina.. lha yang memperkosa kemana??
============ Kristen Israel = Domba
Kristen Non-Israel = Anjing ===============
Anda keliru lagi.. serius cak.. anda kristolog beneran??????
bagaimana ayat.. jadikanlah semua bangsa muridku… semua bangsa cak!! Tidak hanya Israel.. Tapi seluruh bangsa..
Tidakkah anda melihat Yesus memnguji Iman wanita itu? Dan kuasa mukjijat Firman Tuhan juga turun ke ibu itu seperti iman yang dipunyai.. jadi bukan cuman ke Israel saja..

Zulkarnain El-Madury, 23 September 2010 00:53
KRISTEN MENJIPLAK AJARAN BUDA. Komposisinya begini.
BUDHA Buddha diperanakkan dari anak dara Maya, yaitu yang mengandung tidak dengan bersuami. KRISTEN Yesus diperanakkan dari anak dara Maria, yaitu yang mengandung tidak dengan bersuami. BUDHA Buddha itu menjelma kepada anak dara Maya, katanya sebab turun kekuasaan Tuhan yang disebut Roh Suci KRISTEN Yesus itu menjelma kepada anak dara Maria, katanya sebab turun kekuasaan Tuhan yang disebut Roh Suci. BUDHA Tentang kelahiran Buddha itu disiarkan beritanya dari atas langit oleh suatu asterim nampak naik ditepi langit. Asterim itulah disebut Bintang Utusan KRISTEN Tentang kelahiran Yesus itu disiarkan beritanya dari atas oleh bintangnya nampak naik di tepi langit, Bintang itulah disebut Bintang Utusan BUDHA Apabila Buddha turun dari tempat segala nyawa, menjelma dalam tubuh anak dara Maya, maka perut anak dara itu kelihatan terang berwarna seperti kaca yang jernih, dalamnya nampak Buddha dengan serba keelokan sebagai bunga. KRISTEN Apabila Yesus turun dari tahta kerajaan langit, menjelma dalam tubuh anak dara Maria, maka perut anak dara itu kelihatan terang berwarna seperti kaca yang jernih, dalamnya nampaklah Yesus dengan serba keelokannya sebagai bunga. BUDHA Buddha anak Maya, seorang anak dara yang dituruni Roh Suci, diperanakkan pada hari Krismas. KRISTEN Yesus anak Maria, seorang anak dara yang dituruni Roh Suci, diperanakkan pada hari Krismas. BUDHA Ketika Buddha diperanakkan, maka kemuliaan Tuhan kelihatan bercahaya berkeliling dia. Dewadewa dari surga dan di atas bumi bernyanyi dan memuji kepada yang diberkati, katanya: Ini hari Buddhisatwa datang di muka bumi, hendak memberi kesenangan dan keselamatan kepada manusia dan dewa, hendak melimpahkan terang pada tempat tempat yang kegelapan dan memberi penerangan kepada siapa yang buta. KRISTEN Ketika Yesus diperanakkan, maka kemuliaan tuhan kelihatan bercahaya berkeliling dia. Beberapa Malaikat balatentara dari surga bernyanyi dan memuji kepada yang diberkati, katanya: Hormat bagi Allah di tempat tinggi, selamat di atas bumi! Manusia disenangi! BUDHA Buddha ditatangi oleh seorang alim, yaitu orang yang mengetahui beberapa sifat keTuhanan ada pada kanak kanak itu, dan belum selang satu hari maka ia disambut sebagai Tuhan segala Tuhan KRISTEN Yesus didatangi oleh orang alim, yaitu yang mengetahui beberapa sifat keTuhanan ada pada kanak kanak itu, dan belum selang satu hari maka ia disambut sebagai Tuhan segala Tuhan. BUDHA Kanak kanak Buddha itu diberi hadiah persembahan barang peremasan dan permata yang berharga. KRISTEN Kanak kanak Yesus itu diberi hadiah persembahan barang peremasan, dupa dan emur BUDHA Ketika Buddha masih kanak kanak ia berkata kepada ibunya: Aku inilah yang terbesar diantara manusia semua. KRISTEN Ketika Yesus masih kanak kanak ia berkata kepada ibunya: Aku inilah Yesus anak Allah. BUDHA Buddha adalah seorang anak yang ditakuti. Hidupnya terancam oleh raja Bimbasara yang diberitahukan supaya membunuh anak itu sebab ia dapat mengalahkan dia kelak. KRISTEN Yesus adalah seorang anak yang ditakuti. Hidupnya terancam oleh raja Herodes, yaitu raja yang berdaya upaya membunuh anak itu sebab ia akan dapat mengalahkannya kelak. MASIH BANYAK PERSAMAAN, MENGAPA BISA SAMA…APA KEBETULAN ITU SEMUA. WAH YANG JELAS LUCU KALAU AGAMA MENJIPLAK

Rafael Naftali, 23 September 2010 | 13:09
Zul,
Yang tukang jiplak itu ISLAM, ngaku-ngaku dapat wangsit, walaahhh, nyatanaya nyontek dari pamannya sang Istri, Khadijah.

reo, 26 September 2010 | 13:23
Anda super ngaco cak!!!! Siapa itu Budha??? nih aku kasih pengertiannya.. Tolong yang Budha bantu penjelasannya..
Penganut Buddha tidak menganggap Siddharta Gautama sebagai sang hyang Buddha pertama atau terakhir. Secara teknis, Buddha, seseorang yang menemukan Dharma atau Dhamma (yang bermaksud: Kebenaran; perkara yang sebenarnya, akal budi, kesulitan keadaan manusia, dan jalan benar kepada kebebasan melalui Kesadaran, datang selepas karma yang bagus (tujuan) dikekalkan seimbang dan semua tindakan buruk tidak mahir ditinggalkan. Pencapaian nirwana (nibbana) di antara ketiga jenis Buddha adalah serupa, tetapi Samma-Sambuddha menekankan lebih kepada kualitas dan usaha dibandingkan dengan dua lainnya. Tiga jenis golongan Buddha adalah:
Samma-Sambuddha yang mendapat Kesadaran penuh tanpa guru, hanya dengan usaha sendiri Pacceka-Buddha atau Pratyeka-Buddha yang menyerupai Samma-Sambuddha, tetapi senantiasa diam dan menyimpan pencapaian Dharma pada diri sendiri. Savaka-Buddha yang merupakan Arahat (pengikut kesadaran), tetapi mencapai tahap Kesadaran dengan mendengar Dhamma
http://id.wikipedia.org/wiki/Buddha
kalau yang anda anggap Bugha itu adalah Siddharta gautama.. lihat link ini..
http://id.wikipedia.org/wiki/Siddharta_Gautama
apa ada miripnya ama Yesus..
jangan jangan memang Yesus sudah disebut juga sebagai Budha.. Karena Budha itu adalah sebuah tingkatan rohani seorang manusia!!
MOHON KEPADA PEMBACA AGAR SELALU MENGE-CEK!! DATA DATA DARI CAK ZUL.. Bahaya nih orang.. copy copy paste dari situs murahan tanpa mau mengecek sumber dan kebenaran berita itu..

dean zeema, 3 September 2010 13:05
@ raffael : saya akan jawab dengan terstruktur jika anda selesai dengan ustadz zul! saya malas melayani anda disini! inikan postingnya orang lain bukan anda atau saya. atau anda sengaja ya biar persoalan yg diangkat penulis jadi bias. anda malu ya boroknya agama anda diangkat ke publik? atau anda bikin aja posting baru judulnya ” islam identik dengan paganisme”, ntar saya layani lagi debatnya, berani? oh ya satu lagi: anda sarjana? @penulis : sorry ya dah gak sopan……… maaf kan saya sekali lagi

Rafael Naftali, 23 September 2010 | 13:10
Walah, banyak bacot ente, bilang aja kalau gak tau. Aku sudah paham typical seperti ente, gak usah banyak ngaco.

Rafael Naftali, 23 September 2010 | 13:11
Masak si Zul pandir itu dibilang ustad, apa itu bukan merendahkan diri Umat Islam?

Rafael Naftali, 23 September 2010 | 13:13
Dean,
Kalau tidak nyaman di lapaknya Limantina ini, bikin lapak baru, biar sekalian kompasiana seperti http://www.faithfreedom.org. Gak usah kebanyakan ngomong, langsung saja. Dasar bacot.

Rafael Naftali, 23 September 2010 13:11
Zull and Dean,
AYAT-AYAT SETAN belum dijawab. Artinya AYAT-AYAT SETAN itu apa?

Frans Purba, 23 September 2010 15:36
Sampai dgn beberapa tanggapan diatas diskusi tidak lagi produktive-Kristen dan Islam mempunyai ke imanan-rukun2-aqidah-tauhid -ritual - bahasa,,,,,,dll dgn kutub yg berbeda- sehingga tak akan mungkin disatukan. mendebatkannya kearah konfrontir tak akan selesai2 sampai ahir jaman.

rina arin, 23 September 2010 20:18
GOD JOD THE WRITER!!!!!!!!PERHATIKAN FOTONYA!!!!! bukankah disana islam mengadopsi kristen? atau Kristen yang memakai cara islam? cara sembayang??? sebutan kristen kanisah oriental??? berdiri di denominasi manakah??????? sang penulis……tolong beri penjelasan………

ohan Kuncoro, 24 September 2010 04:17
Bukannya agama budha itu awalnya dari pangeran shidarta yah? kenapa jadi dara maya dibawa2?


Secularity Symbol


parlin pakpahan, 24 September 2010 17:20
@ All. :-))))) Soal kiblat segala macam begu antuk kalian persoalkan. Benar2 tolol. Apa bedanya kalian dgn Abu Bakar Baasyir yg mengatakan dgn gaya yg paling tolol bahwa di hari kiamat nanti orang Jahudi nggak bakal bisa lari dari penghukuman akhir zaman. Tak ada satu celah pun yg bisa dijadikan tempat persembunyian oleh bangsa Jahudi dari penghukuman akhir zaman. Bulshitt dan ke-kanak2an. Buat sdr kita Limantina Sihaloho. Benar dan sudah tepat pendekatan sosiologi agama yg digunakan dlm tulisan ini. Salut. Itu sungguh sebuah pencerahan buat orang batak baik Kristen maupun Islam. Soal Konsili Vatikan II. Itu penting sekali tentu. “Masih banyak orang Kristen yang hidup dalam alam pikir dan iman: extra ecclesiam nulla salus bahwa di luar gereja tidak ada keselamatan. Konsili Vatikan II tahun 1962 telah merubah pernyataan yang ekslusif ini.” 1000% saya setuju itu bahwa semua agama hanya bisa diselamatkan oleh keimanan mereka sendiri. Jadi adalah ke-kanak2an saya kira kalau kita berdebatkusir hanya karena soal semantik yg dikaitkaitkan dengan masalah keimanan. Inilah neraka di negeri brengsek ini. Dan Dalam konteks agama Samawi? Jujur, yg membuat saya tertawa terbahak-bahak di awal postingan ini tak lain, karena pertikaian Arab-Jahudi yg satu Bapak itu selalu dibawa-bawa sampai ke WC sekalipun. Ini kebodohan fantastis mulai dari zaman Perang Salib sampai sekarang. Saya kira itu konflik sosiologis soal warisan antara Jahudi Vs Arab . Maka hal seperti ini haruslah kita campakkkan jauh2 ke samudera hindia sana, sehingga tak ada lagi kebencian Arab Vs Jahudi itu di antara Umat Kristen dan Islam. Juga perlu kita sadari bersama bahwa yg tertua dalam agama Samawi ini adalah agama Jahudi. Maka jangan lebay dalam menafsirkan ayat2 Tuhan dalam arti semantik. Singkatnya, Islam dan Kristen itu adalah Derivasi dari agama Jahudi itu sendiri yg kemudian ketiganya berpisah dalam keimanan dan jalan keselamatannya masing2. Maka jangan macam2lah soal Kiblat dan segala macam tafsir bodoh yg tak perlu. Mengapa? Keimanan dan jalan keselamatan itulah yg membedakan kita kawan. Maka marilah kita saling menghormati perbedaan substabsial itu. At the end, janganlah kita jadikan diri kita seperti si pandir ABB. Dia kan Arab maka benci Jahudi. Logis. Biarkan saja. Lalu, Arabkah kita, Jahudikah kita, Eropakah kita, Romakah kita, Belandakah kita?? Kita orang Indonesia kawan. Jelas, tak ada sangkutpautnya dengan perebutan warisan antara Arab-Jahudi. Nah, mari kita benahi keimanan kita masing2. Agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu. Salam …. dan lanjutkan menulis ttg pencerahan seperti ini Itoku Limantina.
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Poskan Komentar

Berikan komentar anda di halaman ini. Terimakasih ..

Iklan - Addsense

  • Cari Blog Ini

    Memuat...

    Teman

    Apakah anda setuju dengan pembentukan PROTAP?

    Iklan - Addsense

    YouTube

    Loading...

    Yahoo News: Top Stories

    Ada kesalahan di dalam gadget ini